Rabu, 21 September 2011

Tugas 2 - Visualisasi Informasi

1. Penyelesaian masalah dengan Visualisasi Informasi, (berikan contoh dan manfaat yang didapat).

  • Gambaran secara umum, tentang visualisasi informasi adalah menampilkan data denga menggunakan gambar, dimana cara ini merupakan cara terbaik untuk mengingat informasi dengan cara penerimaan alami manusia. Contoh penyelesaian masalah dengan visualisasi informasi adalah seperti penggambaran peta, di dalam peta terdapat gambaran dari suatu wilayah pada bidang datar, di sini peta harus dilengkapi dengan kata-kata atau tulisan, agar user atau pembaca mengerti nama wilayah atau daerah yang telah digambar.
  • Visualisasi yang diterapkan pada suatu peta sangatlah penting, karena visualisasi ini bertujuan untuk membantu user, pembaca atau pengguna untuk menemukan suatu wilayah yang ingin mereka cari.
Gambar 1. Penerapan Visualisasi informasi pada Peta


2. Image VS Word
  • Gambar adalah suatu perpaduan titik, garis, bidang, dan warna yang dikomposisikan untuk mencitrakan sesuatu. Gambar merupakan sajak tanpa kata-kata. tapi di dalam sebuah gambar kita dapat menarik sebuah informasi, pesan dan tujuan mengapa gambar tersebut dibuat.
Gambar 2. Pesepakbola yang sedang
  • Word adalah suatu unit dari suatu unit dari suatu bahasa yang berupa teks verbal.

Gambar 3. Gabungan dari beberapa kata


Gambar 4. Gabungan antara gambar dengan kata

3. Penghubung antara images & word
  • Images dan word akan menjadi sesuatu yang sangat luar biasa apabila digabungkan. Mengapa?, karena dalam suatu gambar yang tidak disertai suatu kata-kata atau tulisan, hanya akan membuat banyak penafsiran dari orang-orang yang membacanya. Maka dari itu gambar dan kata akan menjadi lebih bermakna apabila digabungunkan. Penghubung antara gambar dan kata adalah sebuah tanda. dimana gambar tersebut memiliki pesan dari tanda yang ditonjolkan dan kemudian ditambahkan atau digabungkan dengan kata-kata.
  • Hubungan antara gambar dan kata, menurut Social Semiotic. Social Semiotics adalah adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana sistem tanda, seperti: bahasa, kode sinyal dan bahasa yang dibentuk oleh kepentingan sosial dan ideologi, dan bagaimana mereka beradaptasi sebagai perubahan masyarakat. Mode semiotik dapat mencakup visual, lisan, tertulis, sumber daya gestural dan musik untuk komunikasi.
  • Hubungan antara gambar dan kata, menurut Syntactic Information. Syntactic Information adalah suatu kajian ilmu yang berhubungan antar tanda, syntactic information merupakan struktur informasi yang berfokus kepada bentuk dari informasi tersebut dengan tidak memandang isinya. Syntactic Information bertujuan untuk menciptakan konsistensi pada representasi data seperti misalnya kesamaan format untuk memudahkan kategorisasi data, format nomer telpon, alamat, dan nama dari konsumen. Konsistensi format data ini bertujuan untuk menjamin kerapihan data untuk pengarsipan di data warehouse misalnya untuk program-program customer relationship management (CRM).
  • Hubungan antara gambar dan kata, menurut Semantic Information. Semantic Information merupakan kajian ilmu yang mengarah ke bahasa atau maknya, semantic information merupakan arti dari informasi tentang konsumen kepada para pengguna/pemakai informasi tersebut. Tujuan dari penerapan ilmu ini adalah agar data yang disajikan menjadi komplit dan akurat. Data yang komplit disini berarti seluruh data konsumen/pelanggan tercatat dan tersimpan sebagai informasi untuk perusahaan. Akurat berarti setiap informasi yang disimpan tersebut tepat dan cocok dengan profil konsumen yang sebenarnya. Informasi yang tidak lengkap dan tidak akurat akan mendatangkan berbagai masalah seperti hilangnya konsumen, biaya-biaya tambahan, serta konsumen mungkin saja tersinggung akibat pelayanan yang salah.

  • Hubungan antara gambar dan kata, menurut Paradigmatic Information / Pragmatic Information. Paradigmatic information / Pragmatic information merupakan h suatu kajian ilmu yang memep tentang bagaimana tanda itu dimaknai, dipahami dan dipraktekkan sesuai dengan kepentingan, kegunaan dan latar belakangnya. Pragmatic Information berfokus kepada kegunaan dan penggunaan dari data-data dan informasi tentang konsumen untuk membantu organisasi dalam menyelesaikan suatu permasalahan terkait dengan konsumen. Penggunaan berkaitan dengan tingkat dimana informasi tentang konsumen bisa digunakan, serta informasi harus bisa di akses kapan saja, mudah dimengerti, dan ringkas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2011 @ learning for sharing!