Pertemuan 1 - OOP (Object Oriented Programming)
Definisi 1
OOP (Object Oriented Programming) is a programming paradigm using “Object” data structures consisting of data fields and methods together with their interaction to design application and computer programs
OBJECT = BENDA, SYSTEM, METODE, FORMULA
OOP adalah paradigm pemrograman yang menggunakan “object data yang terstruktur
Object memiliki identitas yang membedakan dengan object lain
Object memiliki method (memungkinkan adanya interaksi)
Definisi 2
OOP (Object Oriented Programming) is a programming language model organized around “Objects” rather than “Action” and data rather than logic. Historically a program has been viewed as logical procedure that takes input and output data
OOP adalah model bahasa pemrograman yang mengatur dan mengorganisasi object dari pada aksi dan data dari pada logika.
Konsep dasar OOP / Pemrograman Berorientasi Objek
Abstraction
Encapsulation
Inheritance
Polymormph
1. Abstraction --> Abstract --> Filtering
Proses mengubah permasalahan dunia nyata menjadi model
Contoh: Sistem informasi Rumah Sakit, Sistem Informasi Akademik
Sistem Informasi Rumah Sakit, setiap rumah sakit pasti memiliki yang namanya pasien, obat, dokter, perawat, dan ruang. Dimana setiap pasien memiliki variabel yang namanya (nama pasien, alamat pasien, history pasien), tidak mungkin setiap pasien memiliki variabel yang namanya nilai, ipk dan lain-lain yang berhubungan dengan mahasiswa. Jadi intinya, adlaah abstraction adalah kemampuan untuk fokus kepada inti.
2. Encapsulation
Encapsulation erat hubungannya dengan abstraction. Encapsulation adalah information hiding, maksudnya adalah suatu proses untuk meletakkan informasi pada tempatnya.
3. Inheritance
Inheritance adalah kondisi dimana sebuah class bisa diturunkan menjadi class-class yang lain. Dimana satu turunan berasal hanya dari satu class.
4. Polymorph sama seperti inheritance tetapi lebih spesifiik dimana setiap turunah memiliki sifat yang berbeda dengan turunah yang lain meskipu berasal dari satu class.
Penjelasan dari gambar diatas adalah, ke tiga turunan tersebut berasal dari satu class yang sama yaitu robot, dimana memiliki method run = berjalan, tetapi dari ketiga robot tersebut memiliki cara jalan yang berbeda meskipun sama-sama memiliki method yang bernama run = berjalan.
Penjelasan tentang Object dan Class
*Class adalah blueprint dari Object
*Object adalah instance dari class
Siti, tukiyem, murni adalah Object dari yang namanya Class Perempuan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar