Sabtu, 15 Oktober 2011

MSDM - PERTEMUAN 5

PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN

Orientasi Karyawan
• Orientasi Karyawan
- Sebuah prosedur untuk menghasilkan karyawan baru dengan dasar latar belakang informasi tentang perusahaan.
• Isi dari orientasi
- Informasi tentang manfaat karyawan
- Personil kebijakan
- Rutinitas sehari-hari
- Perusahaan organisasi dan operasi
- Langkah-langkah keamanan dan peraturan
- Fasilitas tur
• Orientasi yang sukses harus mencapai empat hal bagi karyawan baru:
- Membuat mereka merasa diterima dan nyaman.
- Bantulah mereka memahami organisasi dalam arti luas akal.
- Jelaskan kepada mereka apa yang diharapkan dalam hal kerja dan perilaku.
- Bantulah mereka dalam proses sosialisasi dalam sebuah perusahaan hal.
– Work-unit orientation
• Membiasakan karyawan baru dengan tujuan unit
• Menjelaskan bagaimana pekerjaannya dapat memberikan kontribusi pada tujuan unit
• Memperkenalkan karyawan baru dengan rekan kerjanya
– Organization orientation
• Menginformasikan tentang tujuan perusahaan, sejarah, filsafat, prosedur dan aturan-aturan dalam organisasi
• Melihat seluruh bagian organisasi


Training & Development
• Tujuan:
– Memperbaiki efektifitas kerja untuk mencapai
hasil-hasil kerja yang telah ditetapkan
• Dilakukan dengan:
– training/pelatihan memperbaiki penguasaan
ketrampilan dan teknik-teknik pelaksanaan
pekerjaan
– Pengembangan peningkatan kemampuan

Proses Pelatihan
• Pelatihan
- Proses mengajarkan karyawan baru tentang dasar keterampilan yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka.
• Konteks strategis pelatihan
- Kinerja manajemen: para owner menggunakannya untuk membuat karyawan yakin tentang tujuan organisasi.
• Pelatihan berbasis web
• Jarak pembelajaran berbasis pelatihan
• Cross-budaya keragaman pelatihan
secara lebih luas, sikap, dan kepribadian

Proses Pelatihan dan Pengembangan
• Analisis kebutuhan
- Mengidentifikasi keterampilan kinerja pekerjaan yang dibutuhkan, menilai calon trainee
keterampilan, dan mengembangkan tujuan.
• desain instruksional
- Menghasilkan isi program pelatihan, termasuk buku kerja, latihan
dan kegiatan.
• Validasi
- Menyajikan (mencoba) pelatihan kepada khalayak perwakilan kecil
• Melaksanakan program
- Sebenarnya pelatihan kelompok karyawan yang ditargetkan.
• Evaluasi
- Menilai keberhasilan program atau kegagalan.


Menganalisa Kebutuhan Pelatihan
• Tugas analisis
- Sebuah studi rinci tentang pekerjaan untuk mengidentifikasi keterampilan yang spesifik dan dibutuhkan, terutama untuk karyawan baru.
• Kinerja analisis
- Memverifikasi bahwa ada kekurangan kinerjadan menentukan apakah defisiensi yang harus diperbaiki melalui pelatihan atau melalui beberapa cara lain (seperti mentransfer karyawan).

Training Methods
• On-the-job training (OJT)
– Memberikan pelajaran mengenai pekerjaan melaluI pekerjaan yang sebenarnya
• Metode
– Pelatihan
– Rotasi
– Tugas khusus
• Keuntungan
– Murah
– Adanya umpan balik segera
• Magang
– Mengkombinasikan OJT dan instruksi kelas.
• Belajar secara informal
– Belajar dari kegiatan yang dilakukan sehari-hari.
• Job instruction training (JIT)
– Memberikan daftar pekerjaan, kunci dalam melakukan kerja, dan langkah-langkah kerjanya
• pelatihan berbasis Audio Visual
• Simulasi pelatihan (bisa disebut pelatihan vestibulum)
- Pelatihan karyawan di luar pekerjaan, sehingga biaya peralatan dan pelatihan sehingga bahaya dapat dikurangi.
- Pelatihan berbasis Komputer (CBT)
- Sistem pendukung kinerja Elektronik (EPSS)
- Belajar portal

Pelatihan berbasis komputer (CBT)
• Keuntungan
- Mengurangi waktu belajar
- Efektivitas biaya
- Konsistensi Instruksional
• Jenis CBT
- Sistem Bimbingan Belajar Intelegensial
- Pelatihan multimedia Yang Interaktif
- Pelatihan Virtual reality

Pelatihan Berbasis Internet
• Teletraining
- Seorang pelatih di sebuah lokasi pusat mengajarkan kelompok karyawan di lokasi terpencil melalui hookups TV.
• Videoconferencing
- Interaktif pelatihan karyawan yang terpisah secara geografis satu sama lain-atau dari pelatih-melalui kombinasi audio dan peralatan visual.
• Pelatihan melalui Internet
- Menggunakan Internet atau intranet internal yang eksklusif untuk memfasilitasi pelatihan berbasis komputer.

OFF The Job Training
• Off the job training
– Program-program pengembangan eksekutif di universitas-universitas atau lembaga-lembaga pendidikan lainnya, dimana para manajer berpartisipasi dalam program-program yang dibuka untuk umum melalui penggunaan analisa kasus, simulasi dan metode-metode lainnya.
– Latihan laboratorium, di mana seseorang belajar lebih sensitif (peka) terhadap orang lain, lingkungan.
– Pengembangan organisasi, yang menekankan perubahan, pertumbuhan, dan pengembangan
keseluruhan organisasi.

Apakah yang Dimaksud dengan Pengembangan?
• Manajemen Pengembangan
- Upaya untuk meningkatkan kinerja manajemen saat ini atau masa depan dengan memberikan pengetahuan, mengubah sikap, atau meningkatkan keterampilan
• Suksesi perencanaan
- Sebuah proses melalui mana tingkat senior bukaan yang direncanakan untuk dan akhirnya diisi.

Manajerial pada-Job-Training
• Rotasi Pekerjaan
- Memindahkan dengan metode pelatihan dari departemen ke departemen untuk memperluas pengalaman nya dan mengidentifikasi kuat dan titik lemah.
• Pelatihan / pemain pengganti pendekatan
- Para peserta pelatihan bekerja secara langsung dengan manajer senior
• Aksi pembelajaran
- Manajemen trainee diperbolehkan untuk bekerja penuh waktu untuk menganalisis dan memecahkan masalah di departemen lain.

Off The Job Manajemen Pelatihan dan Pengembangan Teknik
• Study Case Method
• Management Game
• Outsider Seminars
• Role Playing
• Behavior Modeling
• Corporate universities
• In-house development centers
• Executive coaches

1 komentar:

 
Copyright 2011 @ learning for sharing!